Sabtu, 22 April 2017

Mengenal Keluarga Biola

Pernahkah kalian melihat pertunjukan orkestra ?
Jika pernah, pasti kalian akan melihat serangkaian alat - alat musik yang mungkin terlihat sejenis, yang dimainkan dengan digesek namun memiliki ukuran dan suara yang berbeda.

Instrumen - Instrument tersebut adalah "Violin Family" atau Keluarga Biola.

violin family


Violin Family terdiri dari 4 Instrument, yaitu : Biola, Viola, Cello, dan Double Bass. Masing - masing instrumen memiliki karakter nada dan ukuran yang berbeda.

1. Violin / Biola

Biola

Violin adalah alat musik yang mempunyai pitch nada tertinggi diantara instrumen  "Violin Family" lainnya. Urutan nada  pada senar violin yaitu G - D - A - E. Violin dimainkan dengan cara diletakan diatas bahu pemain dan menggesekan bow ke senar agar menghasilkan nada.

2.  Viola / Biola Alto

viola biola alto
kiri violin, kanan viola

Viola memiliki ukuran yang sedikit lebih besar dibandikan Violin. Namun Viola memiliki pitch nada yang lebih rendah daripada Violin. Urutan nada pada  senar viola yaitu C - G - D - A. Sama seperti Violin, Viola dimainkan dengan cara diletakan diatas bahu pemain dan menggesekan bow ke senar agar menghasilkan nada.

3.  Cello

cello

Cello memiliki ukuran yang lebih besar daripada Violin dan Viola. Nada pada Cello lebih rendah 1 oktaf daripada viola. Urutan nada pada senar Cello yaitu dimulai dari senar A - D - G - C. Berbeda dengan Violin dan Viola, Cello dimainkan dengan cara dijepit diantara dua kaki si pemain, dan didirikan dengan endpin, lalu menggesekan bownya ke senar.

4.  Double Bass

double bass

Double Bass merupakan instrumen yang terbesar diantara Violin Family. Double Bass juga memiliki pitch nada terendah dari semua instrumen dalam Violin Family. Urutan nada pada senar Double Bass yaitu E - A - D - G. Sama seperti Cello, Double Bass dimainkan dengan cara dijepit diantara kaki si pemain, dan didirikan dengan endpin, lalu menggesekan bow ke senar.